6 Jalur Mendaki Ekstrim Di Indonesia

Indonesia populer dengan jejeran pegunungan yang indah. Banyak salah satunya jadi maksud pendakian gunung, tentu dengan kesusahan yang berlainan. Setiap gunung mempunyai kekhasan masing-masing. Ketinggian, susunan, vegetasi, sampai jalur menuju puncaknya juga beragam.

Bersyukur Indonesia mempunyai jejeran gunung indah untuk didaki. Namun, sebagian salah satunya mempunyai jalur yang cukup ganas. Perlu pengetahuan serta profesionalitas tingkat tinggi untuk dapat melalui alam liarnya.

berikut adalah gunung dengan jalur mendaki terekstrim di Indonesia :

1. Gunung Leuser, Nanggroe Aceh Darussalam

Empat jalur yang ada di Gunung Leuser di buka segera oleh tim Wanadri. Satu diantara mereka wafat saat menyeberangi sungai yang mengagumkan deras. Kelihatannya hal semacam ini cukup bikin beberapa orang terasa Gunung Leuser mempunyai kesusahan tingkat tinggi untuk didaki. Keganasan dan ekstrimnya jalur pendakian Gunung Leuser terletak pada lebatnya belantara dan masih banyaknya hewan-hewan buas yang selalu mengintai pendaki.

2. Gunung Latimojong, Sulawesi Selatan

Sebagai gunung tertinggi di Provinsi Sulawesi Selatan, Latimojong adalah gunung dengan kemegahan yang tak terelakkan. Gunung ini punya tujuh puncak, yang tertinggi bernama Rante Mario di ketinggian 3.680 mdpl. Medan yang dilewati cukup berat. Treknya curam, dan melewati hutan hujan nan lebat yang membuat kabut semakin pekat. Semakin mendaki, semakin udara dingin menusuk kulit.

Terkadang Anda harus melewati derasnya sungai hanya dengan berjalan di atas kayu tipis di atasnya. Di beberapa titik, para pendaki juga harus meniti pinggiran jurang dan berpegangan erat pada akar-akar pohon.

3. Gunung Raung Via Kalibaru

Bila lewat Kalibiru, sepertinya, pendakianmu menuju puncak sejati gunung Raung akan lebih mendebarkan dibanding perjalanan Japran dan Ian saat menuju puncak Mahameru. Sebab, di jalur ini kamu akan bertemu dengan jembatan “Sirotol Mustaqim” yang berada di punggungan gunung Raung. Kiri dan kanan pada jembatan ini berupa jurang yang dalam dan curam, kamu hanya bisa mengandalkan seutas tali untuk mempertaruhkan nyawa.

4. Gunung Arjuno via Lawang

Mengapa jalur Gunung Arjuno via Lawang termasuk dalam kategori jalur mengerikan? Karena ketika melewati jalur ini, kamu harus melalui kawasan yang dipenuhi pohon cemara yang konon katanya saat orang-orang yang lewat jalur ini dia akan lupa diri dan tersesat. Maka dari itu, kawasan pohon cemara ini disebut dengan hutan Lali Jiwo.

5. Gunung Latimojong, Puncak Rante Mario

Menurut pengakuan seorang pendaki senior, Gunung Latimojong merupakan gunung dengan jalur ekstrim nomor 4 setelah Gunung Binaiya, Bukit Raya, dan Puncak Cartenz. Jalur pendakian yang terjal menjadikan gunung ini termasuk dalam kategori gunung bermedan berat. Butuh tenaga dan kesabaran yang ekstra untuk mendaki gunung ini.

6. Puncak Cartenz

Keganasan jalur pendakian menuju Puncak Cartenz sudah menjadi rahasia umum. Banyak korban jiwa berguguran sebelum berhasil menyelesaikan misinya. Faktor ekstrimnya cuaca, terjalnya medan, dan kesalahan-kesalahan teknis menjadi penyebab gagalnya misi para pendaki.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *